fisik@net lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5325 Kamis, 18 Juli 2019  
 
LIPI

depan
database
database
artikel
fenomena
kegiatan
situs
info
kamus
publikasi
buku
prestasi
kontak
e-data

  » Penghargaan
  » Cara link
  » Mengenai kami
  Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Arthur Holly Compton (1892-1962) : Efek Compton dan Sinar Kosmik
-

Tanggal ini pada 1892, fisikawan Amerika dan Nobelis bidang Fisika 1927 Arthur Holly Compton lahir di Wooster, Ohio.

Arthur adalah putra Elias Compton, profesor dan dekan ilmu filsafat di College of Wooster.

Di College of Wooster pula, Arthur belajar dan meraih gelar sarjananya pada 1913. Kemudian selama tiga tahun melakukan penelitian pasca sarjana di Princeton University. Gelar Ph.D diraihnya pada 1916.

Di Princeton, ia berhasil menemukan sebuah metode elegan untuk mendemonstrasikan rotasi bumi. Namun, sumbanganya yang terkenal adalah penelitian dalam lapangan sinar-X. Ia mengembangkan teori intensitas pantulan sinar X dari kristal-kristal.

Pada 1918 ia mulai meneliti penghamburan sinar X. Penelitian ini membawanya pada penemuan bahwa peningkatan panjang gelombang sinar X diperlukan untuk menghamburkan radiasi yang terbentuk oleh electron-elektron bebas. Implikasinya, kuanta yang dihamburkan memiliki energi yang sedikit ketimbang kuanta dari sorotan asli. Efek ini kemudian dikenal sebagai Efek Compton yang mengilustrasikan konsep partikel dari radiasi elektromagnetik. Penemuan ini diperkuat oleh penelitian Charles Thomson Rees Wilson dari University of Cambridge, Inggris melalui metode ruang awannya untuk menunjukkan keberadaan dari jalur lompatan elektron-elektron.

Untuk penemuan itu, Arthur dan Charles dianugerahi Hadiah Nobel Bidang Fisika tahun 1927.

Selain itu, Arthur dan C. F. Hagenow menemukan fenomena dari pantulan total sinar X dan polarisasi lengkapnya. Penemuan ini mengarah pada penentuan dengan cermat jumlah electron dalam sebuah atom.

Periode 1930-1940, Arthur memfokuskan penelitian variasi geografi dari intensitas sinar-sinar kosmik. Menurutnya, intensitas sinar kosmik berkaitan dengan geomagnetic ketimbang garis lintang geografi.

Arthur menikahi Betty Charity McCloskey pada 1916. Mereka dikaruniai empat putra. Arthur menyukai tenis, astronomi, fotografi dan musik.

Ia wafat pada 15 Maret 1962 di Berkeley, California.

Sumber : Koran Tempo (10 September 2002)

» kirim ke teman
» versi cetak
» berbagi ke Facebook
» berbagi ke Twitter
» markah halaman ini
revisi terakhir : 3 Maret 2007

 

PERHATIAN : fisik@net berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
- sejak 17 Agustus 2000 -
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2019 LIPI