fisik@net lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5325 Senin, 23 September 2019  
 
LIPI

depan
database
database
artikel
fenomena
kegiatan
situs
info
kamus
publikasi
buku
prestasi
kontak
e-data

  » Penghargaan
  » Cara link
  » Mengenai kami
  Forum informasi berita :

pengumuman berita dana beasiswa lowongan teknis

Tanggapan atas pesan yang sedang dibaca bisa dilakukan melalui sarana pengiriman pesan yang ada di bagian bawah.

» Lihat daftar pesan di forum informasi berita
» Tulis pesan baru di forum informasi berita

  • PESAN DAN TANGGAPAN :

    Tiga Pelajar ke Olimpiade Astronomi
    Oleh : Kompas (31 Agustus 2003)
    Selasa, 9 September 2003 (22:55 WIB) dari IP 202.159.34.133

    Bandung, Kompas - Tiga pelajar Indonesia, Eko Widiatmoko (17) dari SMU St Aloysius, Bandung, Andre Yohannes Wibisono (16) siswa SMU St Louis, Surabaya, serta Evan Ghozali (15) siswa SMUK Trimulya, Bandung, terpilih mewakili Indonesia dalam Olimpiade Astronomi Internasional yang akan digelar 2-8 Oktober mendatang di Stockholm, Swedia. Ketiga pelajar tersebut terpilih setelah menyisihkan 75 pelajar lainnya yang berminat mengikuti olimpiade yang baru pertama kali diikuti Indonesia tersebut.

    "Sebenarnya Olimpiade Astronomi ini sendiri yang kedelapan. Tetapi, kami baru tahu tahun lalu dari Internet," kata Team Leader Tim Nasional Indonesia dalam Olimpiade Astronomi Dr Chatief Kunjaya, Sabtu (30/8), di Bandung.

    Menurut Chatief, setelah mendapat informasi itu, pihaknya segera melakukan persiapan, di antaranya menggelar tes di Bandung dan Jakarta untuk memilih calon peserta. Untuk sementara, kata Chatief, dia hanya mengirimkan surat kepada calon peserta yang sebelumnya pernah mengikuti seleksi olimpiade matematika dan fisika.

    "Soalnya, ini kali pertama kita ikut. Jadi, saya inginnya anak-anak yang pernah seleksi, biar dia benar-benar siap. Memang terkesan tidak adil, tetapi ini benar-benar karena mendesak. Tahun depan, kami akan buka seleksi untuk umum," kata Chatief.

    Seleksi yang diberikan kepada calon peserta meliputi tes matematika, fisika, astronomi dasar, dan bahasa Inggris. (irn)


    Pertama bagi Indonesia : Hadapi Olimpiade Astronomi 2003
    Oleh : Pikiran Rakyat (30 November 2003)
    Selasa, 9 September 2003 (22:57 WIB) dari IP 202.159.34.133

    JAKARTA, (PR).-
    Di tengah kesiapan intensif mengikuti ajang tahunan olimpiade internasional bidang ilmu-ilmu dasar seperti fisika, kimia, biologi, matematika, dan informatika (komputer), mulai tahun 2003 mendatang tim Indonesia direncanakan mengikuti Olimpiade Astronomi.

    Koordinator Olimpiade Internasional Indonesia Suharlan, S.H., M.M., dalam keterangannya mengungkapkan, keikutsertaan itu merupakan yang pertama bagi Indonesia. "Akhir-akhir ini, perkembangan ilmu astronomi cukup pesat dan menjadi semakin penting pada masa yang akan datang. Bahkan, negara-negara maju telah membelanjakan bermiliar-miliar dolar untuk riset astronomi," ujarnya di Jakarta, Jumat (29/12).

    Disebutkannya, banyak teropong besar bahkan raksasa telah dibuat, baik yang dipasang di atas permukaan bumi maupun dioperasikan di angkasa luar. Sebelumnya, berkaitan dengan kesiapan tim olimpiade lima bidang ilmu dasar lainnya, Suharlan menuturkan, sejauh ini terhadap siswa-siswa yang dibina masing-masing bidang studi telah dilakukan tes akhir, sebelum nanti didapat siswa-siswa yang bisa mewakili bangsa dan negara.

    "Masing-masing Tim IBO (biologi) sebanyak 16 siswa masuk pembinaan berikutnya. Lalu, tim IMO (matematika) sebanyak 17 siswa, tim IPhO (fisika) 10 siswa, tim IChO (kimia) sebanyak 13 siswa, dan Tim IOI (informatika) sebanyak 16 siswa yang masuk pembinaan lanjutan," paparnya.

    Mereka, katanya, telah masuk ke tahap pembinaan yang lebih intensif. Sebagaimana diketahui, proses seleksi olimpiade bidang keilmuan itu sendiri terbilang cukup bergengsi karena siswa dipilih dari juara-juara kabupaten/kota. Pemenang tingkat kabupaten/kota ikut ke tingkat provinsi dan selanjutnya pemenang pada tingkat provinsi mengikuti tingkat nasional, serta setelah itu dipilih 30-40 siswa.

    "Ketiga puluh sampai dengan empat puluh siswa ini dibina selama lebih kurang 1,5 bulan. Mereka mengikuti tes kembali baik teori maupun eksperimen untuk memilih 10-20 siswa yang akan dipersiapkan menuju olimpiade internasional dan terakhir disaring kembali sampai didapat 4-6 siswa yang menjadi duta bangsa dalam mengikuti pertandingan tingkat dunia itu," katanya.

    Dijelaskan Suharlan, pola pembinaan masing-masing tim olimpiade hampir sama. Di samping dibekali bahan materi, juga ada penajaman eksperimen. "Siswa-siswa itu banyak berada di laboratorium, baik tim kimia, biologi, maupun fisika," ujarnya.

    Mengenai sumber referensi, Suharlan mencontohkan, khusus bidang fisika, buku acuannya Mekanika, Elektromagnetika, dan Belajar Fisika Modern. Selain itu, masih banyak bahan-bahan yang diberikan kepada siswa yang telah masuk dalam pembinaan khusus dari tim Fisika yang dikomandani oleh Yohanes Surya, tim Biologi oleh Agus Dana, tim Kimia oleh Nur Franisal dari UI, dan tim Komputer oleh Suryana juga dari UI, serta tim Matematika oleh Muchlis dari ITB.

    Tiap-tiap tim pembina, katanya, telah mempersiapkan siswa terbaiknya untuk ikut bertanding dalam olimpiade internasional pada tahun 2003. Dengan mekanisme yang jelas, keikutsertaan tim Indonesia dalam olimpiade tingkat dunia ini memunyai dampak positif bagi dunia pendidikan di Indonesia. (A-94)***


    Re: Tiga Pelajar ke Olimpiade Astronomi
    Oleh : F.pratikto
    Kamis, 25 Maret 2004 (08:29 WIB) dari IP 61.94.149.132

    bulan 24 maret di magelang diadakan seleksi olimpiade astronomi. kami tidak tahu materi yang dilombakan , ternyata isinya materi fisika, matematika, b.inggris. kami kira hanya ilmu astronomi saja.jadi sekolah kami tidak ada yang lolos. mudah mudahan tahun depan persiapan lebih baik. Bila ITB mengadakan seleksi tahun depan jangan mendadak informasi ke sekolah-sekolah di magelang.
    seperti tahun ini kami hanya butuh waktu persiapan 2 hari.


    Re: Tiga Pelajar ke Olimpiade Astronomi
    Oleh : Iko - iko
    Rabu, 5 Mei 2004 (11:04 WIB) dari IP 61.5.72.40

    Turunkan harga sembako...........!!!!!!!!!!!


    Re: Tiga Pelajar ke Olimpiade Astronomi
    Oleh : Iko - iko
    Rabu, 5 Mei 2004 (11:17 WIB) dari IP 61.5.72.40

    Turunkan harga sembako...........!!!!!!!!!!!


  • TULIS TANGGAPAN BARU :

    PERHATIAN : Semua data terminal yang mengakses otomatis dicatat sebagai arsip serta untuk kenyamanan bersama.

    judul :
    penulis : username :     password :
    isi :

    » kirim ke teman
    » versi cetak
    » berbagi ke Facebook
    » berbagi ke Twitter
    » markah halaman ini

  •  

    PERHATIAN : fisik@net berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
    - sejak 17 Agustus 2000 -
      Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2019 LIPI