fisik@net lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5325 Kamis, 21 November 2019  
 
LIPI

depan
database
database
artikel
fenomena
kegiatan
situs
info
kamus
publikasi
buku
prestasi
kontak
e-data

  » Penghargaan
  » Cara link
  » Mengenai kami
  Forum informasi berita :

pengumuman berita dana beasiswa lowongan teknis

Tanggapan atas pesan yang sedang dibaca bisa dilakukan melalui sarana pengiriman pesan yang ada di bagian bawah.

» Lihat daftar pesan di forum informasi berita
» Tulis pesan baru di forum informasi berita

  • PESAN DAN TANGGAPAN :

    Fisika Medis -Radioterapi : status dan prospek di Indonesia
    Oleh : Rachmat
    Kamis, 2 Juni 2005 (20:54 WIB) dari IP 202.153.239.20

    Baru saja saya dengar ada rencana membuat Pusat Radioterapi Internasional di Rumah Sakit AL Surabaya. Rumah Sakit ini betul-betul akan difokuskan ke kasus-kasus kanker untuk tujuan kuratif (menyembuhkan), bukan palliatif (mengurangi sakit / gejala sakit sampai deceased). Peralatan yang akan dibeli mulai dari
    Cobalt, Irridium Brachytherapy sampai Linear Accelerator (Linac) modern (kemungkinan sampai 18 MegaVolt atau 25 MegaVolt). Dokter untuk tahap awal akan memakai dokter luar negeri. RS Ramlan ini akan menjadi "percontohan" bagaimana seharusnya sebuah Pusat Radioterapi dijalankan secara profesional di Indonesia.

    Untuk fisikawan medisnya dibutuhkan 2 orang dengan syarat: Master Fisika Medis Klinis maksudnya sudah punya pengalaman Rumah Sakit yang memadai dan mampu menghandel uji kualitas beberapa peralatan di atas. Kualifikasi begini ternyata sangat sedikit. Di UI baru dihasilkan 4 dari Program S2 Fisika Medis kami dan udah punya tugas masing-masing ( 1 BATAN, 1 UI, 1 RS Persahabatan, 1 RS Ulin Banjarmasin / UI parttime). Jadi posisi di Surabaya ini kayaknya sulit diisi orang Indonesia dan terpaksa harus membayar Fisikawan Medis asing. Ada yang memenuhi kualifikasi ini di milis ini? Dapat menghubungi kami langsung / japri.

    Mulai tahun ini saja beberapa Rumah Sakit beli Linac baru yaitu yang saya tahu. RS Pertamina, RSPAD Gatot Subroto, RS Hasan Sadikin baru saja tahun lalu, kalau nggak salah RS. Dr. Sutomo juga. RS Ulin sendiri akan menjadi percontohan RS radioterapi "luar Jawa / outer islands. Memang baru akan beli Cobalt untuk "belajar". Beberapa tahun mendatang akan ditingkatkan menjadi Linac juga.

    Hanya hampir semua pusat radioterapi yang ada fisikawan medisnya biasanya "upgraded radiographer" setara D4. Sedikit sekali yang punya tenaga Master fo Medical Physics. Masalahnya dengan radiographer adalah pelajaran fisika dan matematika sangat kurang sehingga kompetensi fisikanya kurang. Problem yang lebih akut justru kurangnya "gaji" karena RS hanya membayar dokter memadai dan fisikawan memang dianggap "teknisi" tadi. Ini salah satu sebab Pusat Radioterapi di Indonesia "susah berkembang". Jenis terapinya terbatas. Kalau mau terapi baru harus "dihitung dan diukur" dan memerlukan fisikawan medis yang kompeten selain dokternya.

    Ini hanya tip of the iceberg bahwa sebenarnya kekurangan fisikawan "yang bener" di Indonesia sangat akut.


    Re: Fisika Medis -Radioterapi : status dan prospek di Indonesia
    Oleh : Mitrayana
    Jumat, 3 Juni 2005 (22:00 WIB) dari IP 202.153.239.66

    Sebagai pengumuman saja, kami di FMIPA UGM khususnya dibidang spektroskopi fotoakustik, telah membangun sebuah set-up lengkap spektroskopi fotoakustik (SFA) laser co2 intrakavitas berkepekaan ppt dan komputerais yang saat lalu dalam RUT X kami terapkan untuk deteksi dini non-invasive penyakit dalam melalui gas hembus pernafasan, dan saat ini saya (mitrayana) sedang mendalami hal itu dalam S3 saya bekerja sama dengan radboud University Nijemegen belanda. Jadi bagi siapa saja yang mau bekerja sama dengan kami dalam pemanfaatan SFA dalam deteksi dini penyakit non-invasive kami sangat senang dan kami tunggu.

    salam
    Mitrayana
    lab.Atom-Inti grup fotoakustik laser
    FMIPA UGM Yogyakarta


  • TULIS TANGGAPAN BARU :

    PERHATIAN : Semua data terminal yang mengakses otomatis dicatat sebagai arsip serta untuk kenyamanan bersama.

    judul :
    penulis : username :     password :
    isi :

    » kirim ke teman
    » versi cetak
    » berbagi ke Facebook
    » berbagi ke Twitter
    » markah halaman ini

  •  

    PERHATIAN : fisik@net berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
    - sejak 17 Agustus 2000 -
      Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2019 LIPI