fisik@net lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5325 Kamis, 6 Agustus 2020  
 
LIPI

depan
database
database
artikel
fenomena
kegiatan
situs
info
kamus
publikasi
buku
prestasi
kontak
e-data

  » Penghargaan
  » Cara link
  » Mengenai kami
  Forum informasi pengumuman :

pengumuman berita dana beasiswa lowongan teknis

Tanggapan atas pesan yang sedang dibaca bisa dilakukan melalui sarana pengiriman pesan yang ada di bagian bawah.

» Lihat daftar pesan di forum informasi pengumuman
» Tulis pesan baru di forum informasi pengumuman

  • PESAN DAN TANGGAPAN :

    Koreksi tentang energi tertinggi di pemercepat partikel
    Oleh : Suharyo Sumowidagdo
    Minggu, 14 November 2004 (13:10 WIB) dari IP 131.225.226.228

    Di artikel ini

    Menyambut Nobel Fisika 2004 : Bagaimana Fisika Partikel Menguraikan Fenomena Dasar Alam Semesta

    dikatakan bahwa pemercepat partikel dengan energi tertinggi buatan manusia hanya berada pada orde energi MeV (10^6 eV).

    Kenyataan di Fermilab saya melihat sendiri bagaimana akselerator Tevatron di Fermilab meng-akselerasikan berkas proton-antiproton, masing-masing hingga energi 980 GeV (1 GeV = 10^9 eV). Kedua berkas tersebut ditumbukkan di dua lokasi eksperimen, CDF dan DØ dimana energi pusat massa total adalah 1960 GeV = 1.96 TeV. Karena itulah akselerator di Fermilab diberi nama Tevatron. Dalam status operasional, setiap detik terjadi 1 juta tumbukan di Tevatron.

    Saat ini pun di CERN tengah dikonstruksi sebuah akselerator dengan energi yang lebih tinggi. Dinamakan Large Hadron Collider (LHC), akselerator ini akan menumbukkan berkas proton-proton, masing masing dengan energi 7 TeV sehingga energi total pusat massa yang akan dicapai adalah 14 TeV.

    GUT scale yang disebut 10^15 GeV saat ini pun sudah tidak terlalu dianggap `harga mati' karena sudah banyak sekali teori-teori baru dan juga hasil-hasil eksperimen pada energi yang lebih rendah, yang menunjukkan adanya kemungkinan fisika baru di luar Standard Model pada skala energi sekitar 1-2 TeV, yang secara realistik mampu dijangkau oleh eksperimen di LHC. Meski tentu sekali lagi hasil eksperimen-lah yang akan menentukan apakah akan ditemukan fisika baru atau tidak.

    Perlu diketahui bahwa meski energi total pusat massa proton-antiproton yang bertumbukan di Tevatron adalah 1960 TeV, namun energi yang tersedia untuk produksi partikel hanyalah sekitar 1/6-nya saja. Alasannya, proton-antiproton merupakan partikel komposit yang terdiri dari quark dan gluon. Pada tumbukan proton-antiproton, yang sebenarnya bertumbukan adalah quark-dengan-antiquark atau gluon-dengan-gluon atau quark-dengan-gluon. Istilahnya tumbukan terjadi antara `parton dalam proton/antiproton' dan bukan langsung antara proton-antiproton sendiri.

    Parton hanya membawa sebagian (fraction) dari momentum total proton/antiproton yang merupakan induk mereka. Dengan demikian skala energi tumbukan fundamental di Tevatron adalah sekitar 300-400 GeV, yang merupakan daerah energi produksi top quark.

    LHC dengan energi pusat massa 14 TeV akan mampu menghasilkan tumbukan pada skala fundamental (parton level) dengan energi sekitar 2 - 2.5 TeV.


  • TULIS TANGGAPAN BARU :

    PERHATIAN : Semua data terminal yang mengakses otomatis dicatat sebagai arsip serta untuk kenyamanan bersama.

    judul :
    penulis : username :     password :
    isi :

    » kirim ke teman
    » versi cetak
    » berbagi ke Facebook
    » berbagi ke Twitter
    » markah halaman ini

  •  

    PERHATIAN : fisik@net berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
    - sejak 17 Agustus 2000 -
      Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2020 LIPI