fisik@net lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5325 Rabu, 12 Agustus 2020  
 
LIPI

depan
database
database
artikel
fenomena
kegiatan
situs
info
kamus
publikasi
buku
prestasi
kontak
e-data

  » Penghargaan
  » Cara link
  » Mengenai kami
  Forum informasi pengumuman :

pengumuman berita dana beasiswa lowongan teknis

Tanggapan atas pesan yang sedang dibaca bisa dilakukan melalui sarana pengiriman pesan yang ada di bagian bawah.

» Lihat daftar pesan di forum informasi pengumuman
» Tulis pesan baru di forum informasi pengumuman

  • PESAN DAN TANGGAPAN :

    Undangan memanfaatkan fasilitas neutron scattering (dalam kerangka user group) di Balai Spektrometri, Puslitbang IPTEK Bahan, BATAN
    Oleh : Agus Purwanto
    Kamis, 16 Juni 2005 (18:32 WIB) dari IP 202.153.235.93

    Rekan-rekan Yth.,

    Setelah dan sambil berkutat dengan perbaikan/modifikasi control system dan data acquisition untuk beberapa difraktometer dan spektrometer kami, perkenankan kami mengundang rekan untuk memanfaatkan fasilitas neutron scattering (dalam kerangka user group) di Balai Spektrometri, Puslitbang IPTEK Bahan, BATAN. Berbeda dengan beberapa fasilitas litbang lain, kami hanya mengharapkan publication sharing di jurnal ilmiah internasional dan tidak memungut biaya untuk eksperiment tersebut. Namun demikian, kami tidak dapat menanggung travel expenses dan shipping/handling untuk pengiriman sample.

    Sebagai catatan, neutron tidak hanya mempunyai keunggulan komparatif dibandingkan X-Ray Diffraction (XRD) yang relatif tidak peka terhadap unsur ringan seperti hidrogren. XRD ternyata tidak mampu mendeteksi salah satu fasa berbasis Ag yang muncul pada komposit AgI-NaPO3 (Solid State Ionics, Vol. 171, 113-119(2004); Journal of Neutron Research, Vol 13, hlm. 169-173(2005)) Lebih lanjut, XRD tidak dapat digunakan untuk menentukan struktur magnetik.

    Small Angle Neutron Spectrometer (SANS) di Serpong aktif digunakan untuk karakterisasi grain dari sample di negara-negara ASEAN (local contact: Dr. Edy Giri Rachman Putra). Alat ini juga cocok untuk karakterisasi grain nanocrystal. Powder Diffractometer telah dan akan digunakan untuk mengukur tegangan sisa pada komponen PLTN Jepang (Local contact: Mr. Rifai Muslich). High Resolution Powder Diffractometer siap untuk di gunakan mengkarakterisasi struktur kristal dan magnetik.

    Selain sedang mengembangkan data acquisition system untuk Triple Axis Spectrometer yang berguna untuk mempelajari dinamika bahan, saya mencari tenaga mahasiswa untuk pembuatan perangkat lunak analisis data difraksi yang dapat digunakan
    secara otomatis (berbeda dengan GSAS atau FULLPROF). Mahasiswa tersebut diharapkan berasal dari jurusan fisika, matematika atau informatika dan punya dasar pemrograman dalam bahasa apapun serta berani belajar bahasa C++ (GNU C++ dan wxWidget) dan Java. Pemahaman mengenai kristalografi dan/atau difraksi akan sangat membantu. Mahasiswa tersebut tidak memulai pekerjaan dari nol karena sudah pembuatan program sudah berjalan (Evolutionary computation for crystallographic unit cell determination and powder indexing, submitted to the International Conference on Neutron Scattering, Australia, 2005, http://icns2005.ansto.gov.au/). Pekerjaan ini adalah bagian dari kerjasama dengan Institute Materials Structure Science, Neutron Science (KENS), High Energy Accelerator Research Organization (KEK), Japan. Mungkin dalam hal ini saya bisa ikutan memanfaatkan clusternya pak Handoko.

    Selain itu, saya juga menunggu sample dengan struktur magnetik inkomensurate yang sering terdapat pada strongly correlated electron system. Saya ingin menuntaskan pemahaman saya mengenai aplikasi teori grup pada struktur tersebut setelah
    terdampar di magnetic Shubnikov analysis untuk struktur magnetik komensurat nonkolinear sejak sekitar 10 tahun lalu (Phys Rev B 23, 6792 (1994), Phys Rev B 53, 758 (1996)).

    Bagi yang berminat untuk menggunakan fasilitas neutron scattering, silahkan menghubungi salah satu dari kami (yang tertera di website: http://www.batan.go.id/p3ib) untuk mendiskusikan kelayakan eksperimen tersebut dan memperoleh beam time proposal (belum di download ke website). Jadwal operasi alat kami mengikuti jadwal operasi reaktor yang tertera pada http://www.batan.go.id (klik jadwal operasi reaktor serpong).


    Re: Undangan memanfaatkan fasilitas neutron scattering (dalam kerangka user group) di Balai Spektrometri, Puslitbang IPTEK Bahan, BATAN
    Oleh : Agus Purwanto
    Selasa, 21 Juni 2005 (19:23 WIB) dari IP 202.153.239.119

    Pak Hikam, Pak Markus dan rekan lain yang mungkin tertarik,

    Untuk difraksi:
    1. serbuk dibutuhkan sekitar 10 gram
    2. kristal tunggal sekitar 1cm x 1cm x 1cm

    Untuk texture:
    polikristal pejal (bulk) berukuran bebas (bisa 2cm x 2cm x 2cm, ataupun tidak kubus)

    Untuk SANS:
    1. lapisan tipis 1,2cm x 1,2cm dengan ketebalan berkisar
    50angstrom-300angstrom.

    Sebagai info tambahan, kita belum punya neutron reflectometry yaitu peralatan neutron yang khusus dibuat untuk memperoleh berbagai info detail mengenai lapisan tipis. Namun demikian, kita masih punya satu beam port S3 di reaktor Serpong yang dapat dimanfaatkan untuk neutron reflectometry. Kita memang berencana akan merancang dan membangun peralatan tersebut namun dengan pola yang berbeda dengan yang sistem kita terdahulu. Kita ingin memulai dari tuntutan user dahulu untuk memaksimalkan daya guna alat tersebut. Dalam waktu dekat, kita akan mengirim angket yang disertai penjelasan singkat mengenai alat tersebut.

    Terima kasih atas minatnya.


  • TULIS TANGGAPAN BARU :

    PERHATIAN : Semua data terminal yang mengakses otomatis dicatat sebagai arsip serta untuk kenyamanan bersama.

    judul :
    penulis : username :     password :
    isi :

    » kirim ke teman
    » versi cetak
    » berbagi ke Facebook
    » berbagi ke Twitter
    » markah halaman ini

  •  

    PERHATIAN : fisik@net berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
    - sejak 17 Agustus 2000 -
      Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2020 LIPI