fisik@net lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5325 Kamis, 6 Agustus 2020  
 
LIPI

depan
database
database
artikel
fenomena
kegiatan
situs
info
kamus
publikasi
buku
prestasi
kontak
e-data

  » Penghargaan
  » Cara link
  » Mengenai kami
  Forum informasi pengumuman :

pengumuman berita dana beasiswa lowongan teknis

Tanggapan atas pesan yang sedang dibaca bisa dilakukan melalui sarana pengiriman pesan yang ada di bagian bawah.

» Lihat daftar pesan di forum informasi pengumuman
» Tulis pesan baru di forum informasi pengumuman

  • PESAN DAN TANGGAPAN :

    PENGUMUMAN SELEKSI CERN SUMMER STUDENT PROGRAMME (CSSP) 2013
    Oleh : CSSP
    Senin, 15 April 2013 (20:42 WIB) dari IP 180.252.125.145

    Dengan hormat,


    Bersama ini perkenankan kami menyampaikan pemberitahuan terkait hasil seleksi mahasiswa-mahasiswa Indonesia yang diterima sebagai peserta CERN Summer Student Programme (CSSP) 2013 di Jenewa, Swiss pada bulan Juli-Agustus 2013. Keputusan penerimaan ditentukan oleh Panitia CSSP di CERN dengan dibantu oleh Contact Person CERN di Indonesia (Haryo Sumowidagdo dan L.T. Handoko). Partisipasi mahasiswa Indonesia di CSSP 2013 merupakan momen bersejarah karena menandai awal keterlibatan Indonesia secara langsung pada kolaborasi ilmiah global terbesar di dunia yaitu CERN.

    CERN (Organisation Européene pour la Recherche Nucleaire atau European Organization for Nuclear Research - http://www.cern.ch) merupakan lembaga penelitian internasional dengan fokus penelitian fisika partikel. Dalam 2 tahun terakhir, CERN dikenal luas terkait pemberitaan pencarian dan penemuan partikel Higgs di salah satu akselerator partikelnya yang bernama LHC.

    CSSP 2013 akan diikuti oleh lebih kurang 250 mahasiswa dari seluruh dunia yang telah melalui seleksi oleh CERN. Untuk kali pertama Indonesia akan diwakili oleh 3 mahasiswa :
    Nathaniel Chandra Harjanto, Teknik Fisika ITB (angkatan 2010)
    Muhammad Firmansyah Kasim, Teknik Elektro ITB (angkatan 2009)
    Imre Nagi, Teknik Elektro ITB (angkatan 2010)
    Khusus untuk mahasiswa Indonesia, seleksi dilakukan dengan beberapa kriteria tambahan :
    Potensi siswa untuk meneruskan studi dan menekuni bidang fisika partikel eksperimental atau sains terapan / teknologi / rekayasa yang terkait dengan misi CERN (akselerator, instrumentasi, fisika medis, komputasi kinerja tinggi atau grid, dll).
    Penilaian kemampuan dasar (fisika dasar, kalkulus, matematika lanjutan, elektronika, pemrograman komputer) dan kemampuan spesifik bidang studi masing-masing, baik berdasarkan transkrip selama studi, serta pengalaman lain yang terkait. Pengetahuan mengenai fisika partikel TIDAK diperlukan.
    Potensi siswa untuk bekerjasama dalam tim internasional seperti ditemui dalam kolaborasi eksperimen di CERN, dengan melihat kemampuan berbahasa Inggris dan kegiatan organisasi.
    Para peserta CSSP tidak hanya mengikuti perkuliahan terkait, tetapi juga akan dilibatkan secara langsung di aneka eksperimen dalam bentuk berbagai proyek penelitian terdepan di CERN. Kemungkinan salah satu dari mahasiswa Indonesia akan dilibatkan pada kolaborasi CMS dibawah bimbingan Haryo yang saat ini aktif berkiprah di CERN.

    Diharapkan partisipasi Indonesia di CSSP terus berlanjut, dan akan ada lebih banyak pelamar dari seluruh Indonesia. Kesempatan ini terbuka bagi mahasiswa dengan latar belakang fisika eksperimen maupun terapan; serta bidang teknik / rekayasa / informatika. Karena aktifitas eksperimen di CERN melibatkan beragam kepakaran lintas disiplin dan keahlian.

    Partisipasi di CSSP merupakan satu rangkaian rencana besar Indonesia untuk berkiprah di kolaborasi global seperti CERN dalam waktu dekat. Kolaborasi ini tidak hanya penting dari sisi ilmiah, tetapi sangat strategis untuk membuka akses ke aneka teknologi tinggi terbaru yang dikembangkan untuk menjawab tuntutan eksperimen.

    Pendaftaran untuk CSSP tahun 2014 akan dibuka sekitar November 2013, dan akan diumumkan kemudian.

    KONTAK :
    L.T. Handoko, Pusat Penelitian Informatika dan Pusat Penelitian Fisika, LIPI (email : laksana.tri.handoko@lipi.go.id)
    Haryo Sumowidagdo, CMS Experiment, CERN & Department of Physics and Astronomy, University of California, Riverside (email : Suharyo.Sumowidagdo@cern.ch)


  • TULIS TANGGAPAN BARU :

    PERHATIAN : Semua data terminal yang mengakses otomatis dicatat sebagai arsip serta untuk kenyamanan bersama.

    judul :
    penulis : username :     password :
    isi :

    » kirim ke teman
    » versi cetak
    » berbagi ke Facebook
    » berbagi ke Twitter
    » markah halaman ini

  •  

    PERHATIAN : fisik@net berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
    - sejak 17 Agustus 2000 -
      Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2020 LIPI