fisik@net lihat situs sponsor
        ISSN 2086-5325 Minggu, 9 Agustus 2020  
 
LIPI

depan
database
database
artikel
fenomena
kegiatan
situs
info
kamus
publikasi
buku
prestasi
kontak
e-data

  » Penghargaan
  » Cara link
  » Mengenai kami
  Forum informasi pengumuman :

pengumuman berita dana beasiswa lowongan teknis

Tanggapan atas pesan yang sedang dibaca bisa dilakukan melalui sarana pengiriman pesan yang ada di bagian bawah.

» Lihat daftar pesan di forum informasi pengumuman
» Tulis pesan baru di forum informasi pengumuman

  • PESAN DAN TANGGAPAN :

    LIPI Beri Anugerah LIPI Sarwono Award 2016 : Tjia May On
    Oleh : BKHH LIPI
    Kamis, 25 Agustus 2016 (18:54 WIB) dari IP 111.94.251.119

    alam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-49 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) tahun ini, LIPI memberi anugerah Penghargaan Ilmu Pengetahuan berupa LIPI Sarwono Award (LSA) dan menggelar Sarwono Memorial Lecture (SML) Tahun 2016. Penerima anugerah LSA tahun ini adalah Tjia May On, seorang ahli fisika dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Sedangkan, penyelenggaraan SML memberikan tempat terhormat bagi Duta Besar Arif Havas Oegroseno (Deputi Bidang Kedaulatan Maritim, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI) untuk menyampaikan kuliah umum. Kuliah umum tersebut bertajuk Pengelolaan Kawasan Maritim dan Perbatasan Indonesia dalam Kerangka Kerjasama Regional Asia Tenggara. Pemberian anugerah LSA dan SML diselenggarakan pada Kamis, 18 Agustus 2016 bertempat di Auditorium Utama LIPI, Jakarta.

    Jakarta, 18 Agustus 2016. Penganugerahan Penghargaan Ilmu Pengetahuan LSA dan SML 2016 adalah kegiatan tahunan LIPI untuk memperingati HUT dan juga bentuk penghormatan atas jasa almarhum Sarwono Prawirohardjo sebagai Bapak Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia sekaligus Ketua LIPI yang pertama. “Kegiatan tersebut pada dasarnya adalah bentuk penghormatan atas jasa dan peran beliau (Sarwono Prawirohardjo, red) dalam membangun LIPI dan ilmu pengetahuan secara luas,” kata Kepala LIPI, Iskandar Zulkarnain.

    Iskandar mengatakan, sebagai lembaga penelitian yang telah lama berdiri, LIPI berupaya memberikan apresiasi dan penghargaan untuk anak bangsa yang berdedikasi mengembangkan ilmu pengetahuan. “Apresiasi tinggi sangat patut diberikan kepada tokoh atau ilmuwan yang telah berjasa memajukan iptek dan mengabdikan hidupnya untuk kemajuan sains,” terangnya.

    Penghargaan LSA 2016 diberikan kepada Tjia May On yang merupakan fisikawan dari ITB. Lulusan S-3 dari Northwestern University Amerika Serikat ini terpilih karena dedikasinya dalam penelitian ilmu fisika di Indonesia. Tjia adalah mantan guru besar Fisika di ITB. Berkat dedikasinya, Tjia memperoleh sejumlah penghargaan atas kontribusi yang luar biasa bagi hasil penelitian ilmiahnya dan dedikasinya dalam mengembangkan budaya penelitian di Indonesia. “Dedikasi dan konsistensinya dalam mengembangkan ilmu pengetahuan bidang fisika itulah yang membuatnya layak memperoleh apresiasi dari LIPI,” terang Iskandar. Selain itu, Tjia juga telah menulis ratusan publikasi dan jurnal internasional.

    Sementara itu, orasi ilmiah kali ini disampaikan oleh Duta Besar Arif Havas Oegroseno berjudul “Pengelolaan Kawasan Maritim dan Perbatasan Indonesia dalam Kerangka Kerjasama Regional Asia Tenggara”. Dia telah berkarir sebagai Diplomat sejak 29 tahun yang lalu. Terakhir, dirinya menjadi Duta Besar RI untuk Belgia, Luksemburg dan Uni Eropa hingga 2015. Dalam karirnya, Havas, panggilan akrab Duta Besar Arif Havas Oegroseno, merupakan warga Indonesia pertama yang menjadi Presiden Konferensi ke-20 dalam Konvensi Hukum Laut 1982 di Markas Besar PBB. Saat ini, Havas sendiri menjabat sebagai Deputi Kedaulatan Maritim, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI. “Melihat kapasitas dan pengalamannya di bidang kemaritiman dan perbatasan, maka beliau dapat berbagi pengetahuannya dalam kuliah umum ini,” kata Iskandar.

    Iskandar mengharapkan, tokoh yang terpilih memberikan kuliah umum dalam SML dapat membagi ilmu yang bermanfaat untuk kemajuan ilmu pengetahuan yang pada akhirnya menempatkan Indonesia sebagai negara berkembang dengan kemajuan ilmu pengetahuan yang mumpuni. “Negara yang maju adalah negara yang dapat memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan untuk mendongkrak daya saing bangsa,” tutupnya.

    Sebagai informasi, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir dijadwalkan hadir untuk memberikan sambutan. Acara bertajuk Penganugerahan Penghargaan Ilmu Pengetahuan LIPI Sarwono Award dan Sarwono Memorial Lecture Tahun 2016 ini diselenggarakan pada Kamis, 18 Agustus 2016 bertempat di Auditorium Utama LIPI, Jl. Gatot Subroto Kav. 10 Jakarta mulai pukul 09.00 WIB.

    Keterangan Lebih Lanjut:
    - Nur Tri Aries Suestiningtyas (Kepala Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI)
    - Isrard (Kepala Bagian Humas, Biro Kerja sama, Hukum, dan Humas LIPI)

    Note/Undangan:
    Siaran Pers ini sekaligus UNDANGAN bagi rekan media untuk hadir dalam kegiatan Penganugerahan Penghargaan Ilmu Pengetahuan LIPI Sarwono Award dan Sarwono Memorial Lecture Tahun 2016 yang akan dilaksanakan pada Kamis, 18 Agustus 2016 pada pukul 09.00 WIB hingga selesai di Auditorium Utama LIPI, Jl. Gatot Subroto Kav. 10 Jakarta.


  • TULIS TANGGAPAN BARU :

    PERHATIAN : Semua data terminal yang mengakses otomatis dicatat sebagai arsip serta untuk kenyamanan bersama.

    judul :
    penulis : username :     password :
    isi :

    » kirim ke teman
    » versi cetak
    » berbagi ke Facebook
    » berbagi ke Twitter
    » markah halaman ini

  •  

    PERHATIAN : fisik@net berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun tidak bisa menjamin tidak terjadi kesalahan baik disengaja maupun tidak. Segala akibat dari pemakaian sarana ini merupakan tanggung-jawab pemakai !
    - sejak 17 Agustus 2000 -
      Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2020 LIPI