fisik@net (ISSN 2086-5325) http://www.fisikanet.lipi.go.id

Fisik@Net Ikut Mengisi Situs Ilmuwan
Redaksi (SuratkabarCom)

HAMBURG (SuratkabarCom) - Di tengah ketidakpastian dan keterpurukan Indonesia hampir dalam semua aspek dewasa ini, dunia ilmu pengetahuan dan penelitian di tanah air juga cenderung mengalami stagnasi kalau tidak bisa dibilang kemacetan. Di lain pihak tidak bisa dipungkiri bahwa kalangan akademisi dan ilmuwan diharapkan sebagai ujung tombak pendobrak kondisi terpuruk ini. Meski untuk itu kembali dibutuhkan dana yang semakin langka, sudah selayaknya kami para akademisi dan ilmuwan melakukan instropeksi diri, sudah optimalkah usaha yang dilakukan ? Bertolak pada pemikiran ini, tidaklah terlambat untuk melakukan inventarisasi permasalahan dan potensi yang ada untuk melakukan perbaikan intern seoptimal mungkin yang bisa dilakukan tanpa harus kembali menuntut dukungan ekstern.

Untuk itu Grup Fisikawan Teoritik Indonesia (GFTI), mencoba menyediakan sarana baru yang sangat diperlukan oleh komunitas fisika di tanah air. Yaitu satu situs referensi fisika dengan sarana tambahan URL forwarding dan web-email yang disediakan dengan cuma-cuma. Sarana ini dinamakan fisik@net dengan alamat situs :

http://www.fisika.net

Seperti telah diketahui, meski untuk perguruan tinggi besar sekalipun masih banyak yang belum memiliki akses internet yang handal dan permanen. Dilain pihak fasilitas internet (terutama surat elektronik) sangat diperlukan dalam menunjang kelancaran komunikasi dengan pihak luar. Meski secara teknis bisa memakai aneka sarana cuma-cuma yang ada (misal Hotmail), sayangnya ini tidak bisa dipakai sebagai "identitas diri". Disinilah pentingnya sarana yang disediakan tersebut. Karena setiap institusi dan bahkan organisasi (asal terkait dengan fisika) bisa mendapatkan nama sub-domain sesuai nama institusi untuk alamat situs serta surat elektroniknya sekaligus,

Satu fasilitas lain yang disediakan adalah publikasi full-online. Ini merupakan yang pertama di Indonesia, dan bahkan di dunia masih terbatas pada jurnal besar saja yang telah memanfaatkan fasilitas semacam ini. Diharapkan dengan ini akan membantu meringankan beban (finansial dan fisik) dari para penulis serta yang mengurus penerbitan. Berikutnya ini kami harapkan bisa meningkatkan produktifitas penulis karya ilmiah dan buku fisika serta mengurangi kegiatan pembajakan buku.

Pada akhirnya diharapkan sarana ini bisa menjadi pendorong aktifitas komunitas fisika dan sains pada umumnya di Indonesia. Sekaligus akan mempertemukan aneka kegiatan para pakar di hulu (seperti GFTI) dengan kegiatan para awan di hilir (seperti Olimpiade Fisika dan LKIR).


revisi terakhir : 6 Agustus 2000