• PESAN DAN TANGGAPAN :

    Aplikasi fisika partikel
    Oleh : Danu
    Jumat, 18 Februari 2005 (08:47 WIB) dari IP 153.18.19.197

    hi,
    saya pengen tau nih, sebenernya aplikasi dr fisika partikel di bidang teknologi itu apa sih?

    thanks


    Re: Aplikasi fisika partikel
    Oleh : Suharyo Sumowidagdo
    Jumat, 18 Februari 2005 (14:19 WIB) dari IP 131.225.39.116

    Kalau aplikasi yang anda maksud adalah aplikasi dari
    `partikelnya sendiri' maka itu masih 100 tahun ke depan.

    Yang sering tidak dilihat orang adalah aplikasi dari teknologi yang diperlukan untuk memungkinkan eksperimen fisika partikel.

    Untuk membangun fasilitas fisika partikel eksperimen, dibutuhkan teknologi2 baru di berbagai bidang, contohnya:

    1) Instrumentasi dengan akurasi dan kecepatan tinggi, karena skala waktu dalam fisika partikel adalah nano detik.
    2) Sistem analisis data real-time, sekali lagi dalam skala nano detik.
    3) Magnet superkonduktor untuk mempercepat partikel hinga skala TeV.
    4) Manajemen data dan distribusi data, karena data fisika partikel skalanya tera byte = 1000 000 giga byte. Cluster komputer, komputer paralel, grid computing.
    5) Teknik-teknik statistik, jaringan syaraf buatan (artificial neural network), kecerdasan buatan (artificial intelligence), dll untuk analisis data yang rumit.
    6) Teknik pengendalian berkas partikel bermuatan (charged particle beam).
    7) Teknik proteksi radiasi dan pengukuran radiasi.

    Hampir semua teknologi yang diperlukan untuk membangun fasilitas fisika partikel, harus dikembangkan sendiri sambil membangun labnya. Disini fisika partikel eksperimen menjadi pendorong munculnya teknologi baru. Yang juga tidak dilihat orang (dan saya sendiri tidak suka kalau orang fisika membangga-banggakan dan mengklaim orang fisika menghasilkan semuanya), fisikawan partikel di negara maju sudah biasa menjalin kerja sama dengan insinyur dari berbagai bidang teknik (informatika, elektronika, instrumentasi, dll) untuk mewujudkan teknologi yang diperlukan untuk membangun fasilitas2 laboratorium fisika partikel. Contoh konkret adalah Simon van der Meer yang memenangkan Nobel Fisika 1984 adalah seorang insinyur elektronik yang pernah bekerja di Phillips, namun berhasil mengembangkan teknik pengendalian berkas partikel bermuatan, dimana teknik ini berperan penting dalam penemuan boson W dan Z.

    Hasil2 sampingan dari semua teknologi di atas menemukan aplikasinya di masyarakat. misalnya

    (1) dan (2) jelas digunakan dimana2.
    (3) merupakan pembuka jalan teknologi magnet murah untuk membangun alat MRI dan alat2 kesehatan lain yang memerlukan magnet superkonduktor.
    (6) teknologi charged particle beams sangat penting dalam industri elektronika.

    Fisika partikel eksperimen bisa menjadi `pendorong teknologi', karena fisika partikel eksperimen selalu memerlukan teknologi yang baru, dan merupakan wadah uji coba teknologi baru, dan pada umumnya selalu bisa mendorong teknologi sampai ke batas maksimalnya.

    Dan jangan dilupakan, tidak semua lulusan doktor fisika partikel memilih untuk meneruskan karir di fisika partikel. Banyak yang memilih banting stir ke industri, dan di industri mereka menyumbangkan segala keahlian dan skill yang diperoleh selama pendidikan mereka, dalam bentuk yang lebih nyata dibandingkan, Higgs boson misalnya.


  • fisik@net (ISSN 2086-5325) http://www.fisikanet.lipi.go.id

    revisi terakhir : 18 Februari 2005