• PESAN DAN TANGGAPAN :

    Pelajar Indonesia siap ikuti lomba Ilmuwan Muda ICYS 2005
    Oleh : IPTEKnet
    Sabtu, 28 Mei 2005 (04:03 WIB) dari IP 140.105.16.2

    Lima pelajar Indonesia tengah berkompetisi dalam Lomba Ilmuwan Muda ICYS -International Conference of Young Scientist di Katowice, Polandia 23-30 APR 2005. ICYS merupakan ajang lomba presentasi karya ilmiah untuk bidang ilmu fisika, matematika, komputer, lingkungan hidup, dan ilmu eksakta lain bagi kalangan pelajar setingkat SMA sedunia.

    Pelajar SMA yg terpilih dari berbagai tanah air sebelumnya telah berhasil meloloskan 3 (tiga) karya ilmiah lewat penilaian Lembaga Nobel Internasional dengan mendapat penilaian yg amat memuaskan, yakni: nilai A. Ratusan makalah karya pelajar Indonesia telah diseleksi selama setahun belakangan oleh Dewan Fisika Indonesia yg keberadaannya dipelopori oleh fisikawan Prof. Yohannes Surya PhD.

    Lima pelajar Indonesia tersebut yaitu;
    Annike Bowaire (SMAN Serui Papua) dengan karya tulis "Gerakan Chaos dalam Pegas" yg presentasi makalah akan dibantu oleh Diatra Zulaika (SLTP Al-Izhar Jakarta).
    Budhi Handaya (SMU Taruna Nusantara Magelang) "Ilmu Fisika dalam Alat Musik Gamelan".
    Chrisanty Rebecca Surya (SMA Dian Harapan, Banten) dengan karya tulis "Hukum Fisika dalam Bukutangkis" dibantu oleh Dhina Pramita Susanti (SMAN 3 Semarang).

    Event ICYS 2005 bagi pelajar Indonesia adalah partisipasi yg pertama kalinya dalam ajang kompetisi Internasional yg telah berlangsung untuk keduabelas kalinya sejak tahun 1993. Namun demikian menurut pengantar Prof. Yohannes Surya, PhD kontingen Indonesia patut tetap bersikap optimistis untuk dapat meraih penghargaan tertinggi yakni medali emas. Setidaknya karya tulis untuk ilmu Fisika pelajar Indonesia diharapkan akan dapat mengulang keberhasilan prestasi Septinus George Saa yang tahun 2004 berhasil meraih penghargaan lomba karya ilmiah Internasional "The First Step to Nobel Prize in Physiscs".

    Indonesia setidaknya memiliki ilmuwan dengan prestasi diakui dunia seperti yg telah ditorehkan oleh tokoh ilmuwan nasional: Prof. B.J Habibie ekspert dalam ilmu teknik rekayasa penerbangan / aviation engineering , oleh karenanya upaya memajukan pelajar pilihan nasional guna berkompetisi di level Internasional perlu dilakukan terus-menerus, hingga pada suatu hari nanti seorang ilmuwan berkebangsaan Indonesia berhasil mendapatkan penghargaan Nobel dalam bidang sains setara dengan prestasi ilmuwan berkualitas dari belahan dunia maju.


  • fisik@net (ISSN 2086-5325) http://www.fisikanet.lipi.go.id

    revisi terakhir : 28 Mei 2005