• PESAN DAN TANGGAPAN :

    Dibuka BUKU-e LIPI : saran dokumentasi dan diseminasi buku elektronik dengan lisensi terbuka
    Oleh : TGJ LIPI
    Rabu, 13 Agustus 2008 (23:01 WIB) dari IP 125.160.100.148

    Sebagai salah satu bentuk kontribusi LIPI dalam mendiseminasikan informasi ilmiah, LIPI telah meluncurkan sarana BUKU-e di :

    http://www.buku-e.lipi.go.id

    BUKU-e adalah sarana untuk membuka dan mendistribusikan buku elektronik dengan lisensi terbuka ke publik. Seluruh arsip di BUKU-e bisa diakses dan diunduh oleh publik dengan cuma-cuma. Sebaliknya untuk penulis / penerbit, sarana ini memberi ruang maya untuk menyimpan dan mendiseminasikan buku elektronik tulisan / terbitannya dengan mudah tanpa dipungut biaya.

    Untuk itu kami mengundang para Penulis / Penerbit buku elektronik dengan lisensi terbuka untuk memanfaatkan sarana ini. Setiap Penulis akan mendapatkan situs personal yang memuat profil penulis dan seluruh arsip buku elektroniknya. Kriteria buku=e yang dicakup sarana ini adalah : aneka buku yang terkait dengan kajian atau pembelajaran ilmiah. Termasuk disini, misalnya diktat, buku teks pelajaran dari level dasar s/d lanjut, dll. TIDAK termasuk disini prosiding, karya tulis jurnal, tesis, dll. Untuk tesis / disertasi / TA telah disediakan sarana khusus di TESIS Online (http://tesis.pdii.lipi.go.id).

    Sebagai bentuk dukungan atas inisiatif buku dengan lisensi terbuka yang dirintis oleh Depdiknas RI dalam bentuk Buku Sekolah Elektronik (BSE), BUKU-e juga akan menyimpan seluruh arsip BSE secara bertahap. Diharapkan ini bisa membantu publik mengakses arsip BSE dengan lebih mudah dan nyaman.

    Informasi lebih detail bisa dilihat di halaman BANTUAN di situs BUKU-e LIPI. Selamat memanfaatkan !


  • fisik@net (ISSN 2086-5325) http://www.fisikanet.lipi.go.id

    revisi terakhir : 13 Agustus 2008